Selasa, 17 Maret 2009

Conficker/Kido/Downadup/Recycler

Deteksi dan Pembersihan Conficker/Recycler/Kido


Virus Conficker/Recycler/Kido ini (selanjutnya disebut virus Conficker) adalah virus yang sudah menyebar ke lebih dari 10 juta komputer di dunia. Di Indonesia sendiri diperkirakan sudah puluhan ribu komputer terinfeksi virus ini. Penyebarannya sangat canggih lewat internet, jaringan, dan Autorun di USB Flashdisk. Virus ini juga memanfaatkan sebuah bug di Microsoft Windows untuk menginfeksi sebagian besar jaringan perusahaan. Microsoft mengecam pembuat virus ini dan bahkan Microsoft berjanji akan memberikan $250.000 (Rp3 Milyar) bagi siapa saja yang bisa menangkap pelaku pembuatan virusnya.

Mungkin di situs lain sudah sangat banyak analisis dan cara pembersihan virus Conficker ini misalnya vaksin, kaspersky, microsoft, dan ribuan situs/blog lainnya. Tapi hampir semuanya memberikan solusi yang tidak begitu jelas dan kebanyakan malah membahas hal teknis yang membingungkan user pemula. Akibatnya, masih banyak user pemula yang kebingungan dan masih menanyakan bagaimana pembersihan virus ini. Tulisan ini hanya bertujuan untuk membahas cara mudah untuk mendeteksi dan membersihkan virus Conficker ini.

Pendeteksian, apakah komputer Anda terinfeksi virus Conficker?

1. Tidak bisa mengakses situs security
Komputer Anda sepertinya terinfeksi jika komputer Anda tidak dapat mengakses situs seperti microsoft.com, kaspersky.com, atau situs-situs lainnya yang berhubungan dengan kata-kata berikut :
nai, ca, avp, avg, vet, bit9, sans, cert , windowsupdate, wilderssecurity, threatexpert, castlecops, spamhaus, cpsecure, arcabit, emsisoft, sunbelt, securecomputing, rising, prevx, pctools, norman, k7computing, ikarus, hauri, hacksoft, gdata, fortinet, ewido, clamav, comodo, quickheal, avira, avast, esafe, ahnlab, centralcommand, drweb, grisoft, eset, nod32, f-prot, jotti, kaspersky, f-secure, computerassociates, networkassociates, etrust, panda, sophos, trendmicro, mcafee, norton, symantec, microsoft, defender, rootkit, malware, spyware, virus

2. File hidden tidak bisa ditampilkan
Anda tidak dapat menampilkan file hidden di komputer walaupun sudah mengubah setting "show hidden" di folder options atau di Smadav.

Pada saat melakukan scanning menggunakan Smadav, Smadav akan mendeteksi 1 value registry yang rusak disebabkan oleh virus conficker :
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL

3. SmaRT-Protection Smadav menampilkan Alert
SmaRT-Protection (SmaRTP) Smadav menampilkan Alert ketika Flashdisk yang terinfeksi dicolok ke komputer. Ada 2 file yang terdeteksi, Alamat File yang dideteksi akan berbentuk seperti ini :
[x]:\autorun.inf
[x]:\RECYCLER\S-5-3-42-2819952290-8240758988-879315005-3665\jwgkvsq.vmx

*[x] adalah Drive flashdisk misalnya F, G, atau H

Andaikan komputer yang terinfeksi sudah terpasang Smadav sebelumnya, pasti tidak akan terinfeksi virus Conficker ini karena SmaRTP akan langsung mendeteksi dan menghapusnya segera setelah USB Flashdisk dicolok. Lihat screenshoot SmaRTP berikut :






Pembersihan, bagaimana cara mudahnya?




Pembersihan Conficker cukup mudah hanya dengan menggunakan tools yang sudah dibuat beberapa antivirus. Sebenarnya hampir semua Antivirus Impor dapat membersihkan virus ini, asalkan sudah di-update. Saya disini menyarankan 2 tools khusus untuk membersihkan Conficker, yaitu PCMAV Express Conficker atau Kidokiller Kaspersky.

1. Gunakan salah satu dari PCMAV Express Conficker atau Kidokiller Kaspersky.

Download PCMAV Express Conficker
cara penggunaan buka di halaman ini : pcmav-express-for-conficker

Download Kidokiller Kaspersky
cara penggunaan buka di halaman ini : Kidokiller Kaspersky


2. Update Patch Windows
Untuk menambal bug Microsoft dan mencegah infeksi ulang Conficker, Silakan Update Patch Windows di halaman Microsoft : MS08-067


3. Pasang SmaRTP Smadav
Sudah dikatakan sebelumnya, Andaikan komputer yang terinfeksi sudah terpasang Smadav sebelumnya, pasti tidak akan terinfeksi virus Conficker ini karena SmaRTP akan langsung mendeteksi dan menghapusnya segera setelah USB Flashdisk dicolok. Jadi, baik bagi komputer yang sudah pernah terinfeksi Conficker ataupun belum, pasanglah Smadav di komputer sehingga aman dari infeksinya.

Tidak ada komentar: